Bintang di Langit

Bintang adalah suatu benda langit yang dapat memancarkan cahaya dan memproduksi energi sendiri. Pada malam hari banyak bintang bertaburan di langit.

Saya suka menatapi langit, apalagi kalau malam hari, melihat begitu banyak bintang yang bersinar terang sampai ke bumi.

Bintang di langit selalu menghiasi malam yang gelap menjadi terlihat begitu indah.

Semakin tinggi tempat kita berpijak(dataran tinggi), maka akan semakin banyak bintang yang terlihat, karena semakin dekat dengan bintang di langit.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi keindahan bintang ketika malam hari. Bahkan banyak orang berlomba untuk mengambil fotonya, mereka sampai naik ke gunung untuk mencari momen yang pas saat di foto.

Ada suatu malam dimana akan terlihat miliaran bintang di langit, dan untuk melihatnya kita harus ke tempat yang lebih tinggi, seperti di daerah gunung supaya lebih dekat jaraknya.

Hal ini sering disebut sebagai galaksi bima sakti(Milky Way).

Menanti Waktu Malam

bintang di langit, menanti waktu malam
pixabay.com

Jika ingin melihat bintang, kita harus menunggu malam tiba, kalau siang gak kelihatan karena cahaya matahari jauh lebih terang.

Apa kamu pernah melihat bintang saat siang hari? kalau pernah saya juga mau lihat dong.

Menanti waktu malam nggak kayak nunggu antrian makan, jalani saja hari-hari seperti biasanya dan malam pun akan tiba dengan sendirinya.

Bahkan ada negara dengan waktu malam yang panjang sampai berhari-hari, dan juga sebaliknya malam hari tanpa sinar matahari.

Tanpa kita sadari, ternyata banyak fenomena alam yang sudah terjadi di dunia ini. Kalo kata orang tuh mainnya kurang jauh, pulangnya kurang malem, kurang piknik.

Saya bersyukur lahir di Indonesia yang berada tepat di tengah garis khatulistiwa.

Hal ini menjadikan waktu malam dan siang terbagi selama dua belas jam. Sehingga saya bisa melihat bintang hampir setiap hari, kecuali saat bintangnya sedang tidak terlihat dan ada awan yang menutupinya.

Waktu Malam Tiba

waktu malam tiba
pixabay.com

Saat malam tiba, langit mulai meredupkan cahayanya dengan perlahan sampai gelap tanpa cahaya. Segerombolan titik kecil bercahaya pun bermunculan ditemani Sang rembulan.

Bintang, inilah saat yang dinanti sejak pagi tadi, sudah datang membawa pasukannya yang terlihat begitu indah.

Takjub, memukau, terpesona, hanya satu kata yang terucap, Masyaallah. Ditambah satu kata lagi, Alhamdulillah.

Keindahan alam yang kita lihat ini, seharusnya membuat rasa syukur terhadap ciptaan-Nya bertambah. Bukan hanya takjub tetapi juga bersyukur.

Malam memang indah apabila penuh warna, ditambah cahaya rembulan dan bintang yang bersinar terang.

Saat seperti inilah yang ditunggu, karena waktu malamlah bintang bisa terlihat, tepatnya saat cahaya matahari sudah berpindah dan keadaan lingkungan sekitar menjadi gelap.

Malam Tanpa Bintang

bintang di langit, malam berawan, malam tanpa bintang
pixabay.com

Saat itu saya sudah tidak sabar melihatnya lagi, menatap dengan penuh rasa syukur dan terpukau akan keindahnnya.

Saya keluar rumah, berjalan dan mulai melihat ke atas langit, mencarinya kesana kemari, ternyata bintang itu memang tidak ada pada hari itu.

It’s not the time yet, it’s ok.

Saya pun pulang ke rumah dan menanti hari esok untuk melihatnya lagi.

Malam yang sepi, sunyi, gelap, tanpa kilauan bintang. Kosong, bak lautan tanpa ikan. Tetap indah, namun ada yang kurang.

Malam tanpa bintang terjadi karena ada beberapa faktor. Tetapi yang sering saya temui adalah langit yang diselimuti awan sehingga bintang tidak terlihat karena tertutupi.

Hal tersebut bersifat sementara tergantung cuaca juga. Jika angin cukup kencang dan awan bergerak perlahan lalu menghilang entah kemana. Langit pun mulai terlihat beserta pemandangannya.

Malam Penuh Bintang

bintang di langit, malam penuh bintang
pexels.com

Tidak perlu ditanyakan lagi betapa eloknya malam penuh bintang ini. Setiap detik melihat dan menatapinya penuh arti, seuntai kata pun terucap, Masyaallah.

Setiap melihat bintang di langit semakin bersyukur dengan segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Begitu indah ciptaan-Nya.

Langit yang berkilauan bintang terlihat seperti menyapa dan ingin memberikan sebuah pesan, ngayal.

Kalian udah pernah melihatnya belum? Kalau sudah ya pasti ngerti, kalau belum ya lihat dulu sana, hehe.

Malam indah penuh warna.

Biasanya saat saya berangkat ke masjid sembari menatapi langit, melihat bintang dan rembulan. Begitu juga saat pulang ke masjid.

Banyak cara yang saya lakukan untuk menikmati keindahan bintang di langit.

Bersepeda di jalanan kampung dengan perlahan, duduk di pos ronda, duduk di lapangan atau mencari tempat yang minim cahaya lampu, dan lainnya.

Kalau kita berada di tempat yang gelap atau terdapat sedikit cahaya, maka kilauan sinar bintang akan semakin terlihat jelas dan lebih cantik. Coba aja kalo gak percaya.

Itu dari pengalaman pribadi saya lho ya. mungkin kamu punya cara sendiri untuk menikmatinya.

Entah mengapa, hal tersebut selalu membuat saya terpesona, look like it’s was amazing, that’s so cool.

Penutup

Bintang di langit membuat saya takjub akan ciptaan-Nya, begitu indah alam ini. Membuat saya semakin bersyukur masih bisa melihat keelokan pemandangan ini.

Siang penuh cahaya, dan malam gelap gulita. Siang punya matahari sedangkan malam punya bintang dan bulan yang menghiasi langit. Jauh berbeda bagaikan langit dan bumi, tetapi sama indahnya.

Hal ini seharusnya menambah rasa syukur kita terhadap segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita, Alhamdulillah.

Saya memiliki impian yang belum tercapai untuk melihat bintang di langit, yaitu menatap kilauan cantiknya di atas gunung.

Semoga nanti saya bisa mewujudkannya, Amin.

Sekian.

Tinggalkan komentar