Jenis-jenis Buah

Jenis-jenis buah – Siapa sih yang nggak suka buah? Makanan yang terkenal dengan beragam ciri khas rasa, bentuk, dan warnanya ini memang sudah begitu populer di kalangan masyarakat.

Buah cenderung diartikan sebagai bagian dari tumbuhan yang memiliki daging buah dan bisa dimakan.

Beberapa contoh jenis buah yaitu: pisang, apel. jeruk, alpukat, semangka, lemon, stroberi, dan lainnya.

Dalam ilmu botani, kata “buah” tidak hanya digunakan untuk menggambarkan bagian tanaman yang bisa dimakan, melainkan mempunyai arti lebih luas.

Beberapa hal yang kita kira bukan buah, ternyata juga masuk dalam kategori buah. Contohnya ialah tomat, biji jagung, biji gandum, dan kacang polong.

17 Jenis Buah-buahan

Seperti yang kita ketahui, buah memiliki banyak kegunaan dan manfaat, dari kandungan vitamin A, B, C, dan lainnya. Tergantung jenisnya juga.

Ada banyak jenis buah-buahan di dunia ini, dari pisang hingga rambutan. Mungkin akan terlalu panjang jika kita membahas semuanya.

Sehingga kali ini saya akan membahas 17 macam buah-buahan yang bisa kamu budidayakan atau konsumsi untuk memenuhi kebutuhanmu.

1. Buah Alpukat

jenis buah alpukat
alpukat

Avocad atau alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, seperti untuk menangkal berbagai racun dan radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Ukurannya bervariasi dari 7 – 20 cm, dengan berat 100 – 1000 gram, bijinya besar, berukuran 5 – 6,4 cm.

Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan. Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan,ergantung pada varietasnya.

Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda di dekat biji, dengan tekstur lembut.

2. Buah Apel

apel
apel

Buah apel biasanya berwarna merah jika sudah matang, tetapi ada juga yang kulitnya berwarna hijau atau kuning.

Kulit buahnya sedikit lembek dan daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Kebanyakan apel bagus apabila dimakan langsung (tidak dimasak). Apel dimasak lembek biasanya untuk dibuat saus apel. Buah ini juga dapat dijadikan minuman sari buah apel.

3. Buah Semangka

buah semangka
semangka

 

Semangka adalah tanaman buah yang merambat dan masih berkerabat dengan melon, ketimun, dan labu-labuan.

Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan langsung atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buah yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan, terutama jika sudah memasuki masa pembentukan buah.

4. Buah Lemon

buah lemon
lemon

Sitrun atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Buah ini biasanya dijadikan minuman seperti lemon tea, atau jus lemon.

Tumbuhan buah ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun supaya dapat tumbuh dengan baik berada pada kisaran antara 15-30 ºC (60-85 ºF).

5. Buah Jeruk

jeruk
jeruk

Jeruk ialah jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C, mineral, serta kalsium.

Buah ini memiliki jenis yang beragam seperti jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk bali, jeruk mandarin, jeruk sunkist dan banyak lagi.

Rasanya masam segar, meskipun kebanyakan jenisnya memiliki rasa yang manis. Rasa masam tersebut berasal dari kandungan asam sitrat yang sudah menjadi isi kandungan pada semua anggotanya.

Jeruk banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Daunnya juga dapat digunakan sebagai rempah-rempah.

6. Buah Stroberi

stroberi
stroberi

Stroberi adalah buah bisa dikonsumsi dan berwarna merah jika sudah matang, apabila belum matang, buah ini berwarna hijau keputihan.

Rasanya ada yang manis dan juga asam. Buah ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim dingin.

Stroberi yang paling sering dibiakkan yaitu stroberi kebun. Ada lebih dari 20 spesies stroberi di seluruh dunia, pengelompokan spesies ini berdasarkan jumlah kromosomnya.

7. Buah Pisang

buah pisang
pisang

Pisang merupakan jenis buah yang ada di Indonesia dan sering dikonsumsi masyarakat karena rasanya enak dan mempunyai banyak kegunaan.

Ciri buah ini memiliki bentuk yang tersusun dalam tandan, jika buah ini sudah matang kulitnya akan berubah menjadi warna kuning yang sebelumnya hijau. Meskipun beberapa ada yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau hitam.

8. Buah Melon

melon
melon

Melon merupakan salah satu buah kesukaan masyarakat dan masuk ke dalam suku labu-labuan.

Buahnya bisa dimakan langsung atau dicampur dengan es buah. Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah.

9. Buah Mangga

mangga
mangga

Buah mangga memiliki banyak jenis, ukuran dan bentuknya pun berubah-ubah tergantung pada macamnya, mulai dari bulat, bulat telur, hingga lonjong memanjang.

Kulit buah kekuningan atau kemerahan bila matang. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem. Rasanya ada yang manis dan masam.

10. Buah Anggur

anggur
anggur

Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah.

Tanaman ini membutuhkan musim kemaran panjang berkisar 4-7 bulan supaya bisa tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi.

Buah anggur dikenal memiliki banyak kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

11. Buah Blueberry

blueberry
blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, C, E, K, karbohidrat dan lemak. Serta mengandung berbagai mineral seperti mangan, kalsium, fosfor, besi, dan kalium.

Blueberry juga bermanfaat menjaga kesehatan mata, melindungi kulit, untuk mencegah gangguan pencernaan, mencegah kanker, membantu mengontrol tekanan darah dan gula darah, serta sebagai perlindungan antioksidan.

12. Buah Durian

durian
durian

Durian memiliki ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk tajam seperti duri. Buah ini bisa dibilang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Rasa buah durian sangat lezat dan nikmat, terutama bagi orang yang menyukainya.

Di Indonesia dan Malaysia, buah ini cukup populer dan punya banyak jenis, seperti durian montong, durian merah, durian musang king, dan lainnya.

13. Buah Nanas

buah nanas
nanas

Nanas merupakan buah yang mempunyai rasa asam manis segar. Buah ini berwarna kuning keemasan ketika matang dan bentuknya memiliki ciri khas tersendiri.

Nanas juga menjadi ikon Kota Subang, selain itu buah ini juga terkenal di daerah Lampung karena disana merupakan pusat budidaya nanas dan banyak pabrik yang mengolahnya.

14. Buah Jeruk Nipis

jeruk nipis
jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat, daging buahnya berwarna putih kehijauan hingga kuning dan sangat asam.

Di Indonesia bisa hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Buah ini biasa digunakan untuk membuat minuman, obat batuk, penyedap rasam dan sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

15. Buah Naga

buah naga
buah naga

Buah naga merah memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tekstur buahnya sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah.

Daging buahnya terasa sedikit manis ketika dimakan dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Biji buah naga memiliki rasa pedas dan kaya akan lipid.

Selain dimakan langsung, buah naga juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.

16. Buah Kelapa

buah kelapa
kelapa

Kelapa berbeda dari buah-buahan lainnya karena endosperma mereka mengandung sejumlah besar cairan bening. Saat belum matang, bisa dipanen untuk diminum air kelapanya.

Daging buah kelapa muda berwarna putih dan lunak, biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Sedangkan daging buah tuanya berwarna putih dan mengeras, sarinya diperas dan cairannya disebut “santan”.

Air kelapa yang sudah tua biasanya tidak dijadikan minuman penyegar, malah menjadi limbah industri kopra.

Namun, cairan tersebur bisa dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar.

17. Buah Coklat

buah coklat, kakao
buah coklat

Coklat atau kakao dijadikan sebagai bahan dasar membuat coklat, es krim, susu, makanan ringan, dan sebagainya.

Buah ini dihasilkan dari pohon kakao dan menghasilkan buah kakao, namun kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan nama buah coklat.

Rasanya manis, gurih, dan mempunyai aroma yang khas. Sehingga tak heran jika banyak anak-anak yang menyukai buah coklat ini.

Sekian pembahasan tentang jenis-jenis buah ini, semoga membantu. Jangan lupa baca juga pengertian buah ya.

Tinggalkan komentar