Lari Halang Rintang

Nomor lari halang rintang (steeplechase) mungkin kurang dikenal dan tidak sepopuler dibandingkan nomor lari lain seperti sprint dan marathon.

Lomba lari ini hanya diadakan pada event tertentu atau multi event seperti Sea Games, Asian Games, Olimpiade, dan sebagainya.

Lari halang rintang 3000 m termasuk lari jarak jauh dengan melewati beberapa rintangan.

Rintangan itu dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Rintangan gawang
  2. Rintangan air dengan gawang di depannya (water jump)

Kontestan harus melewati 28 rintangan tetap dan tujuh bak air selama berlomba.

Pada kejuaraan, sistem steeplechase 3000 m biasanya terdiri dari babak penyisihan (terkadang semi final) dan final.

Ukuran penghalang untuk pria tingginya 36in (91,4 cm), sementara untuk peremuan ukurannya 30in (76,2 cm). Area pendaratan lompat air memiliki panjang 12ft (3,66 m) dan 70 cm di bagian terdalamnya.

Selain daya tahan kekuatan dan gerakan aerobik yang bagus, pelari juga membutuhkan kelincahan yang baik.

Sejarah Lari Halang Rintang

sejarah lari halang rintang
gambar dari mpora.com

Olahraga ini berasal dari Inggirs, pelari akan berlomba dari satu kota ke kota berikutnya, melompati berbagai rintangan seperti sungai dan tembok rendah.

Peristiwa ini dapat ditelusuri dari perlombaan dua mil yang dilakukan di Universitas Oxford pada pertengahan abad ke-19. Dibuat perlombaan trek dengan penghalang pada Kejuaraan Inggris tahun 1879.

Kejuaraan olahraga ini telah diadakan di setiap Olimpiade 1900 untuk pria, sedangkan perlombaan bagi wanita baru diperkenalkan pada tahun 2008.

Negara Kenya begitu mendominasi pada olahraga atletik ini. Sejak Amos Biwott meraih emas di Olimpiade 1968, Kenya telah memenangkan banyak gelar di perlombaan Olimpiade olahraga ini.

Peringkat dunia nomor satu pria saat ini (tahun 2021) dipegang oleh Soufiane El Bakkali dari Maroko dengan poin 1422, sementara peringkat pertama wanita dipegang oleh Norah Jeruto dari Kenya dengan poin 1433.

Teknik Lari Halang Rintang

Pelari halang rintang harus memiliki kecepatan seperti pelari 1500 m, namun juga harus mempunyai daya tahan seperti perlari jarak jauh. Dan yang terpenting harus punya kemahiran khusus dalam melewati segala rintangan tersebut.

Lari halang rintang terdiri dari beberapa unsur yakni:

  1. Lari diantara rintangan.
  2. Lari melewati rintangan yang dapat dirinci menjadi: bertolak, bertumpu, melewati rintangan, dan mendarat.
  3. Melewati bak rintangan air bisa dirinci menjadi: tahap-tahap bertolak, melowati, dan melompat/mendarat.
  4. Dalam berlari diantara rintangan, pelari menempuh jarak itu dengan menggunakan teknik dan taktik yang mirip untuk lomba lari jarak menengah dan jauh.
  5. Dalam tahap-tahap melewati rintangan dan bak air, pelari memperkecil lama waktu melayang dan gangguan terhadap gerakan lari.

Teknik Melewati Rintangan Gawang

Cara untuk melampaui rintangan gawang yang banyak digunakan ialah:

• Seperti lari gawang biasa

Cara lari gawang biasa banyak digunakan oleh pelari-pelari yang memang memiliki kemahiran dalam lari ini dan pelari jangkung yang dengan mudah bisa melewati rintangan gawang.

Yang terpenting ialah setelah pelari melewati gawang, ia dapat menjaga keseimbangan sebaik-baiknya untuk melanjutkan larinya. Disarankan bisa bertumpu dengan kaki manapun.

• Melampaui gawang dengan cara menginjakkan kaki di atas gawang

Cara menginjakkan kaki di atas gawang digunakan oleh pelari-pelari yang belum mahir atau belum bisa melakukan cara melangkahi gawang yang baik.

Cara ini digunakan juga ketika melampaui rintangan air. Banyak yang menggunakan cara ini karena persamaannya, sehingga tidak perlu mengganti gerakan-gerakan lain, cukup hanya menguasai satu cara saja.

Karena tidak perlu melompati rintangan air, maka setelah kaki menumpu di atas gawang, tidak perlu menolak dengan kuat untuk melakukan lompatan. Tetapi usahakan supaya kaki yang lain dapat mendarat di tanah secepat mungkin dan lanjut berlari.

Teknik Melewati Rintangan Air

Cara untuk melewati rintangan air dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

Fase Bertolak

  • Sudut bertolak relatif datar.
  • Sendi-sendi-pinggangm lutut dan pergelangan dari kaki topang diluruskan sepenuhnya.
  • Paha tungkai depan diayun cepat ke posisi horizontal.

Fase Melewati

  • Tungkai kaki topang dibengkokkan.
  • Badan condong ke depan.
  • Menginjakkan kaki pada balok rintangan dengan bagian tengah kaki.
  • Pusat massa berada di titik rendah selama gerakan.

Fase Melompat/Mendarat

  • Dorong kemudian lepas dari rintangan ke depan dan ke bawah.
  • Lengan menjaga keseimbangan selama melayang.
  • Tubuh condong ke depan.
  • Tungkai kaki topang hampir sepenuhnya diluruskan untuk mendarat.
  • Tungkai bebas diayun cepat lebih dulu ke depan setelah mendarat.

Agar dapat melampaui rintangan air dengan baik, usahakan kecepatan tidak berkurang tetapi ditambah supaya menjadi awalan untuk bertolak lebih kuat ketika melompat.

Kecepatan yang lambat akan menyebabkan kurang jauhnya jarak lompatan, sehingga akan mendarat pada bagian yang dalam dari bak air.

Ditambah ketahanan air dan letak lantainya yang miring (tidak rata), akan membuat kesulitan saat melakukan gerakan berikutnya. Hal ini akan menghambat kecepatan berlari.

Para pelari steeple-chase harus melatih teknik-teknik melewati rintangan-rintangan itu dengan baik dan latihan yang bersungguh-sungguh.

Manfaat Lari Halang Rintang

Melatih Kelincahan

Ketika kita diharuskan melewati dari yang levelnya mudah, medium, sampai sulit. Tentu kita harus melewatinya dengan lincah dan luwes, badan tidak kaku.

Sehingga lari halang rintang dapat melatih kelincahan tubuh kita.

Melatih Kecepatan 

Selain harus bisa lincah menghindari segala rintangan yang ada, pergerakan kita juga harus cepat (baik itu saat lari ataupun melewati rintangan) agar tidak kalah dengan pelari lainnya dan bersaing untuk menjadi juara perlombaan.

Jadi dengan melakukan olahraga ini, kamu juga bisa melatih kecepatan gerak.

Melatih Konsentrasi

Fokus atau konsentrasi kita benar-benar dilatih ketika lari halang rintang, sebab jika salah sedikit saja saat melewati rintangan dapat berakibat fatal. Entah itu gerakan jadi melambat atau jatuh.

Demikian penjelasan mengenai salah satu olahraga atletik melewati rintangan ini, semoga membantu.

Sekian.

Tinggalkan komentar