Mancing Ikan di Sungai

Mancing ikan merupakan kegiatan yang cukup digemari banyak orang, biasanya mereka memancing ikan di laut, sungai, danau, dan sebagainya.

Pemancing ikan seperti nelayan biasanya melakukan aktivitas ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka atau mencari nafkah untuk keluarga mereka.

Akan tetapi, ada juga orang yang melakukan aktivitas memancing ikan ini untuk kesenangan dan mengisi waktu luang mereka saja.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan tentang pengalaman saya saat mancing ikan di sungai.

Persiapan Sebelum Mancing Ikan

persiapan mancing ikan
pixabay.com

Sebelum berangkat ke tempat pemancingan ikan yang sudah ditentukan, tentunya saya akan melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang saya lakukan sebelum memancing ikan adalah menyiapkan peralatan mancing ikan.

Saya melakukan persiapan bersama teman-teman di rumah sekalian berkumpul sebelum berangkat ke tempat pemancingan.

Peralatan yang Digunakan Untuk Mancing Ikan

  1. Joran Pancing, untuk mengarahkan tarikan ikan
  2. Kail Pancing, untuk mengaitkan mulut ikan dengan umpan.
  3. Senar Pancing, untuk menggerakan lure atau umpan.
  4. Pelampung Pancing, untuk memberikan sinyal atau tanda jika ada ikan yang memakan umpan.
  5. Timah Pancing, untuk pemberat saat melontarkan kail pancing.
  6. Stopper Pancing, untuk penyetop lajunya pelampung.
  7. Umpan Pancing, untuk menarik perhatian ikan.

Kami menyiapkan peralatan memancing sesuai yang kita butuhkan saja. Dari peralatan sudah dipersiapkan, ada peralatan yang kami buat sendiri. Seperti joran pancing, kami membuatnya dari bahan kayu.

Itulah peralatan yang saya persiapkan sebelum memancing ikan di sungai.

Berangkat ke Tempat Mancing Ikan

mancing, berangkat ke tempat mancing ikan
unsplash.com

Setelah selesai menyiapkan peralatan untuk memancing ikan, lalu kami berangkat menuju tempat mancing ikan.

Kami berangkat ke tempat pemancingan naik sepeda jaraknya sekitar 1 kilometer, melewati kampung, jalan, dan sawah.

Saat melewati sawah saya merasa senang karena suasananya tidak ramai, udaranya sejuk, dan banyak tumbuhan. Setelah melewati sawah kami meletakkan sepeda kami disitu dan melewati jalan sempit untuk sampai ke tempat yang dituju.

Dan akhirnya kami sudah sampai di sungai tempat kami mancing ikan.

Mancing Ikan

mancing ikan
pixabay.com

Sampai ditempat tujuan kami langsung menyiapkan umpan pancing dan mengkaitkannya dengan kail pancing, setelah itu kami melontarkannya kedalam air.

Kami menunggu cukup lama dan ikan belum ada satupun yang memakan umpan, kami terus menunggu dan bersabar sampai ikan memakan umpan kami.

Setelah menunggu lama akhirnya ada ikan yang memakan umpan teman saya, gak pakai lama diapun mengangkat pancingannya dan mendapatkan ikan, alhamdulillah.

Setelah teman saya mendapatkan ikan, kami satu per satu mencoba untuk mengangkat pancingan, ternyata ada yang dapat ikan lagi dan ada yang tidak dapat.

Kami pun merasa senang karena sudah ada yang dapat ikan, walaupun ikannya kecil tidak masalah, yang penting kebersamaannya bukan ukuran ikannya.

Karena matahari sudah berada diatas dan sebentar lagi waktu dzuhur, kami pun mulai membereskan peralatan memancing dan pulang ke rumah.

Penutup

Mancing ikan di sungai menjadi pengalaman yang cukup menarik bagi saya, karena saat memancing ikan saya bisa belajar tentang kesabaran.

Jika kita menginginkan sesuatu maka harus berusaha dan bersabar, hal itu butuh proses, jangan hanya mengharap sesuatu yang instant.

Sekian.

Tinggalkan komentar