Pengertian Buah

Pengertian buah adalah hasil reproduksi antara putik dan serbuk sari pada tumbuhan.

Sedangkan definisi atau pengertian buah-buahan secara umum ialah salah satu bagian dari tanaman atau pohon yang berdaging dan dapat dimakan sebagai makanan yang bisa memberikan efek mengenyangkan, menyehatkan, dan menyenangkan (sebagai camilan).

Dari sudut ilmu botani, buah-buahan bisa diartikan sebagai organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah, yang digunakan sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis yang dilakukan di daun.

Buah biasanya membungkus dan melindungi biji supaya tanaman tersebut bisa melakukan proses regenerasi.

Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan.

Bagian-bagian Buah

bagian-bagian pada buah

 

Buah segar yang biasa kita makan pada umumnya memiliki 2 bagian utama buah yaitu bagian lapisan dinding buah dan bagian dalam yang berisi biji.

Bagian lapisan dinding buah yang kita sebut sebagai kulit buah itu terdiri dari 3 lapisan yaitu:

  1. Exocarp: lapisan buah paling luar yang mengandung pigmen yang akan menentukan pola warna dan corak dari setiap buah.
  2. Mesocarp: lapisan tengah pada lapisan dinding buah yang kita kenal sebagai daging buah dan bagian inilah yang biasanya kita konsumsi.
  3. Endocarp: lapisan kulit paling dalam yang berguna untuk membungkus biji buah tersebut.

Proses Pembentukan Buah

proses pembentukan pada buah

Buah merupakan pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium), setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur.

Bakal biji tersebut lalu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yaitu berpindahnya serbuk sari dari bunga ke kepala putik.

Serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma.

Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana akan terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid.

Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yaitu persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami (persatuan inti sel keduanya).

Zigot yang terbentuk kemudian mulai bertumbuh menjadi embrio, bakal biji tumbuh menjadi biji dan dinding bakal buah. Lalu tumbuh menjadi berdaging atau membentuk lapisan dinding yang kering dan keras.

Sedangkan kelopak bunga, mahkota, benang sari, dan putik akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga menjadi buah.

Pembentukan buah ini terus berlangsung sampai biji sudah masak. Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buah umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi.

Tipe-tipe Buah

tipe-tipe buah, macam-macam buah, jenis-jenis buah

Gimana, apakah kamu sudah tahu pengertian dari buah? supaya lebih mengenalnya lagi kita akan membahas ragamnya, yang dapat dibedakan atas tiga tipe dasar buah, yaitu:

  • Buah tunggal, ialah buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, berisi satu biji atau lebih.
  • Buah ganda, ialah buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, terpisah, tetapi akhirnya menjadi kumpulan buah yang tampak seperti satu buah. Contohnya sirsak.
  • Buah majemuk, ialah buah yang terbentuk dari bunga majemuk. engan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah. Contohnya nanas.

Berdasarkan sifatnya, buah-buahan dikelompokkan menjadi beberapa golongan sebagai berikut.

Berdasarkan Musim Berbuahnya

a. Buah musiman adalah buah yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali.

Contohnya buah duren, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.

b. Buah sepanjang tahun adalah jenis buah-buahan yang tersedia sepanjang tahun. Buah ini dihasilkan dari tanaman yang berbuah sepanjang tahun dan tidak tergantung musim.

Buah yang dapat kita nikmati kapan saja dan tersedia sepanjang tahun ini contohnya nanas, pisang, pepaya, jambu air, jambu biji, markisa, dan sebagainya.

Berdasarkan Iklim Tumbuhnya

a. Buah tropis, buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25º atau lebih.

Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.

b. Buah subtropis, buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22ºC.

Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.

Berdasarkan Proses Pematangannya

a. Buah klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen bisa menjadi matang sampai terjadi pembusukan.

Proses pematangan buah dalam fase klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau buah.

Contohnya pisang, mangga, pepaya. jambu biji, apel dan sebagainya.

b. Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan, tetapi langsung ke arah pembusukan.

Contohnya semangka, anggur, jambu air, dan nanas.

Pengetahuan Tambahan

Apa itu buah lokal? buah lokal merupakan buah yang diproduksi di dalam negeri kita sendiri, seperti pisang dari kebun tetanggamu.

Apa itu buah impor? yaitu buah yang diproduksi dari luar negeri, dan biasanya disebut impor apabila kita membelinya dari luar negeri. Jadi kebalikan dari buah lokal.

Apa yang dimaksud buah segar? Buah segar ialah buah yang masih fresh atau baru saja dipetik dari pohonnya langsung.

Itulah penjelasan singkat dari pengertian buah. semoga membantu. Jangan lupa baca pengertian tanaman pangan ya.

Sekian

Tinggalkan komentar