Peraturan Bola Voli

Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar mengenai peraturan permainan bola voli.

Bola voli merupakan permainan yang cukup digemari oleh banyak kalangan di dunia, termasuk di Indonesia. Dari anak kecil hingga orang dewasa.

Bahkan permainan ini pun sudah ada ajang pertandingan atau kejuaraan kelas nasional dan Internasional. Apakah kamu salah satu orang yang menyukai permainan ini?

Selain pengertian, teknik, dan sebagainya. Kamu juga harus mengetahui tentang peraturan bola voli supaya ketika bermain tidak melakukan banyak pelanggaran atau setidaknya kamu tahu cara bermain di pertandingan resmi.

Baiklah, silahkan simak penjelasan berikut ini ya.

Peraturan Permainan Bola Voli

peraturan permainan bola voli
peraturan permainan bola voli

Hal pertama dan utama dalam permainan bola voli adalah mengenal peralatan dan perlengkapan yang mendukung jalannya permainan.

Dalam hal ini, lapangan, bola, dan net merupakan saran dan prasarana yang paling umum. Namun bukan itu saja yang harus diketahui, melainkan juga ukuran standar yang dianggap sah dari alat-alat tersebut.

1. Standar Bola yang Digunakan

Standar bola yang digunakan dalam olahraga bola voli harus sesuai dengan beberapa kriteria berikut:

  • Bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.
  • Bola harus memiliki kombinasi warna sesuai ketentuan yang berlaku, biasanya bola voli berwarna kuning, putih, dan biru (jadi satu warna), serta warna lainnya.
  • Bola berbentuk bulat dengan diameter 65 – 67 cm dengan massa 260 – 280 gram.

2. Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli adalah 9 x 18 m, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (Prancis: Fédération Internationale de Volleyball atau hanya disebut FIVB).

Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.

3. Net

Dalam olahraga voli hampir sama dengan peraturan permainan tenis lapangan karena memiliki net sebagai pembatas antar dua kubu atau tim yang berlawanan. Dan perlu diketahui bahwa net untuk permainan yang dimainkan putra dan putri berbeda.

  • Ukuran standar tinggi net untuk tim putra adalah 2,43 m.
  • Ukuran standar tinggi net untuk tim putri adalah 2,24 m.

Lebar net bola voli adalah 1 meter, dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

4. Antena

Ada juga antena yang dapat kita jumpai di setiap ujung atas tiang.

Pemasangan sebuah antena di area tersebut memiliki tujuan utama sebagai pembatas gerakan bola yang kiranya bisa ke arah samping atau melebar.

5. Jumlah Pemain Setiap Tim

Setiap regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh enam orang, termasuk libero. Libero adalah pemain yang bisa keluar-masuk namun tidak diperbolehkan untuk melakukan smash.

Dalam satu pertandingan, setiap tim bola voli terdapat 10 permain yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.

Olahraga ini sebenaranya juga bisa dimainkan oleh 4 orang dalam satu tim (biasanya bukan pertandingan resmi). Namun, apabila dalam pertandingan ternyata ada tim yang pemainnya kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.

6. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli

Ada beberapa aturan dan larangan dalam permainan bola voli yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para pemain. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Jersey atau baju seragam tim harus memiliki nomor punggung dan dada. Sedangkan nomor pada celana pendek terdapat pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.
  2. Ketika pertandingan sedang berlangsung, para pemain tidak boleh menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Apabila melanggar, maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  3. Pemain harus melakukan servis dari luar lapangan dan tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
  4. Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola, namun harus dipantulkan dengan sempurna dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
  5. Bola dianggap out apabila telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Jika pemain masih mampu memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai maka belum dianggap out.
  6. Masing-masing tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout per babak dalam pertandingan.
  7. Pergantian pemain bisa dilakukan berkali-kali dan tidak terbatas.
  8. Pertandingan bisa dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemenangan).
  9. Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Apabila poin kedua tim seri 24 – 24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.

Sistem Libero

Sistem libero juga ada dalam permainan bola voli, sistem ini ada pada permainan di mana pemain yang dalam posisi liberolah yang aka menjadi perwakilan untuk setiap bola pertama. Aturan sistem libero adalah sebagai berikut:

  • Pemain dalam posisi libero bisa menjadi pengganti setiap pemain yang sedang ada di belakang.
  • Pemain dalam posisi libero tidak diperbolehkan untuk menyerang saat bola melambung lebih tinggi jauh dari net.
  • Pemain dalam posisi libero tidak diperkenankan melakukan peran dalam usaha menahan serangan lawan atau blocking terhadap pemain lawan.
  • Pemain dalam posisi libero boleh keluar dan masuk lapangan melalui garis samping yang ada di depan bangku cadangan antara garis akhir dan garis serang.
  • Pemain dalam posisi libero bisa digantikan secara tak terbatas jumlah pergantiannya, namun harus ada selingan 1 reli antara pergantian tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang peraturan permainan bola voli yang bisa diketahui, semoga bermanfaat.

Kamu juga bisa membaca mengenai posisi pemain bola voli untuk mengenal lebih dalam permainan ini.

Sekian.

Tinggalkan komentar