Permainan Bola Kasti

Apa sih permainan bola kasti itu? kamu tau nggak permainan ini. Jelasin dong biar paham.

Permainan bola kasti merupakan permainan beregu yang cukup digemari oleh masyarakat.

Dulu, banyak orang terutama anak-anak yang memainkan permainan ini. Baik di kampung, sekolah, dan tempat lainnya.

Permainan kasti hampir sama dengan permainan softball dan baseball, juga sama-sama termasuk permainan bola kecil.

Oke, langsung saja kita simak penjelasan berikut ya supaya lebih paham.

Pengertian Permainan Bola Kasti

pengertian bola kasti
bundakonicare.com

Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola, yang dilakukan dua regu menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu yang disusun.

Kelompok yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola akan menjadi pemenang permainan ini.

Pada awal permainan, ditentukan terlebih dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit.

Regu yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepat mungkin setelah tumpukan batu roboh oleh kelompok yang dikejar.

Jika bola berhasil menyentuh lawan, maka regu yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu.

Kerjasama antaranggota regu sangat dibutuhkan seperti halnya permainan softball, baseball, dan permainan rounders.

Permainan kasti versi lain yang banyak dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar: pemain dibagi menjadi dua regu, salah satu mendapat giliran jaga dan satu regu lagi mendapat giliran untuk memukul.

Disediakan beberapa pos yang ditandai dengan tiang, dimana pemain serang (yang mendapat giliran memukul) tidak boleh di”gebok” atau dilempar dengan bola.

Pemain serang bergiliran memukul bola yang diumpan oleh salah seorang pemain jaga.

Pemain jaga berjaga di lapangan untuk mencoba menangkap bola yang dipukul pemain penyerang.

Saat bola sudah dipukul pemain penyerang berlari ke pos berikut atau “pulang” ke “rumah” yang dibatasi dengan sebuah garis.

Jika pemain yang sedang berlari menuju pos atau pulang dapat di”gebok” dia dinyatakan mati dan kedua regu berganti. Regu penyerang menjadi regu jaga, begitupun sebaliknya.

Pemain penyerang yang berhasil “pulang” akan mendapat satu angka. Regu yang mendapat angka terbanyak saat pertandingan berakhir akan dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan ini memang menggunakan gerak dasar berlari, memukul bola dengan tongkat, menangkap, dan melempar. Terdiri dari 2 base dengan jarak minimal 20 meter.

Sejarah Permainan Bola Kasti

sejarah bola kasti
majelisadatsasak.org

Dalam sejaahnya, permainan kasti telah dimainkan di Inggrri sejak zaman Tudor pada tahun 1744 di Pretty little Pocket Book yang saat itu disebut “lingkungan” oleh John Newbery.

Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari buku The Boy, yang meliputi aturan kasti dan pertama dicetak di Inggris.

Tahun berikutnya, buku ini diterbitkan di Boston, Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional yang formal dan disusun oleh Athletic Association Gaelic di Irlandia pada tahun 1884.

Game ini masih diatur oleh asosiasi di Irlandia. Di Inggris diatur oleh Inggris.

Sementara dua asosiasi yang berbeda tersebut, berbagi elemen permainan dan budaya yang sama.

Kopetisi ini diselenggarakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan yang dilakukan secara bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan sore hari.

Setelah aturan formal kasti di Irlandia, kemudian asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada pertandingan tahun 1889.

Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris. Garis penguasa ini dimulai pada tahun 1485, ketika Henry VII mengalahkan Richard III pada Pertempuran Bosworth.

Sejarah Singkat Bola Kasti Versi Lainnya

Olahraga kasti merupakan olahraga masyarakat, dimana masyarakat biasa melakukannya pada waktu senggang, terutama oleh anak-anak atau murid sekolah.

Olahraga ini termasuk olahraga tradisional yang juga diminati oleh anak-anak remaja karena dalam permainan kasti dapat meningkatkan ketangkasan dan kekompakan regu atau pemain.

Sehingga melalui permainan kasti dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik. Biasanya permainan bola kasti kebanyakan dilakukan pada waktu wore hari dan kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapapun.

Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola. Permainan ini dilakukan oleh 2 regu menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun.

Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan cara suit.

Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Jika bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball dan baseball.

Lapangan Bola Kasti

ukuran lapangan bola kasti
nidokna.com

Perhatikan gambar lapangan kasti di atas!

Lapangan kasti sangat tergantung dengan tempat yang digunakan untuk bermain, biasanya lapangan berbentuk empat persegi.

Ukuran lapangan bola kasti yaitu :

  1. Panjang lapangan ±60 meter
  2. Lebar lapangan ±30 meter, dan
  3. Ruang tunggu ±10 meter.

Catatan: Ukuran lapangan bola kasti ini tidak mutlak dan dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar tempat bermain kasti.

Lima meter dari panjang lapangan dipergunakan untuk ruangan tempat penjaga belakang, tempat pemukul dan pelambung.

Lapangan dilengkapi dengan tiang penyelamat yang diletakkan dengan jarak 5 meter dari garis pemukul dan 5 meter dari garis samping.

Sedangkan tiang hinggap ada dua buah yang masing-masing diletakkan berjarak 10 meter dari tiang lainnya, 10 meter dari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping.

Ukuran lapangan kasti ini berbeda dengan ukuran lapangan softball dan baseball.

Perlengkapan Permainan Bola Kasti

perlengkapan permainan
siplah.eurekabookhouse.co.id

Perlengkapan yang dipakai dalam permainan bola kasti hampir sama dengan permainan softball, diantaranya yaitu:

  • Bola kasti atau bola tenis, bola berukuran kecil dan biasanya berwarna kuning atau hijau.
  • Tongkat pemukul, tongkat ini terbuat dari kayu dan memiliki ukuran panjang antara 50 – 60 cm.
  • Bendera kecil atau keset. Jika memakai bendera, maka persiapannya ada pada setiap sudut lapangan dengan peletakkan tanda di tengah lapangan.
  • Tiang hinggap. Tiang yang sudah dipasang bendera, ditaruh di atas tanah (sudut) supaya saat permainan berlangsung tidak mudah geser atau tercabut, terutama saat pelari memegangnya.

Peraturan Permainan Bola Kasti

peraturan permainan
percepat.com

Agar permainan kasti dapat berjalan dengan baik, ada beberapa peraturan permainan yang perlu dipahami.

Penjelasan peraturan permainan bola kasti biasanya akan disampaikan oleh wasit sebelum pertandingan dimulai (pertandingan resmi).

Beberapa peraturan dalam permainan kasti yaitu:

1. Jumlah Pemain

Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain sekaligus menjadi kapten.

Setiap pemain wajib menggunakan nomor dada dari nomor 1 sampai 12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

2. Waktu Permainan

Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak. Tiap-tiap babak berjalan selama 20 – 30 menit. Diantara tiap babak diberikan istirahat selama 15 menit.

3. Wasit

Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.

4. Regu Pemukul

  • Setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sampai 3 kali.
  • Sesudah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar, maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera melatakkannya kembali di dalam ruang pemukul.
  • Pukulan dinyatakan benar jika bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.

5. Regu Penjaga

Tugas regu penjaga:

  • Mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul.
  • Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong.

6. Pelambung

Tugas pelambung:

  • Melambungkan bola sesuai permintaan pemukul.
  • Apabila bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk tidak memukulnya. Jika hal ini terjadi sampai 3 kali berturut-turut maka pemukul boleh berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.

7. Pergantian Tempat

Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi jika:

  • Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola
  • Bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut.
  • Alat pemukul lepas ketika memukul.

8. Cara Mendapatkan Nilai

  • Pemain berhasil memukul bola, kemudian lari ke pemberhentian I, II, III, dan ruang bebas secara bertahap, maka akan mendapat nilai 1.
  • Pemain berhasil berlari melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, maka mendapat nilai 2.
  • Regu penjaga menangkap langsung bola lambung yang dipukul oleh regu pemukul, mendapat nilai 1.
  • Regu yang mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.

Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

teknik dasar permainan bola kasti
pngitem.com

Ketika bermain kasti, tidak hanya cara memukul bola dan melempar bola saja yang harus dilatih, namun juga cara menangkap bola kasti.

Cara menangkap bola dalam permainan bola kasti ditentukan oleh arah bola yang datang.

Bagaimana datangnya bola akan menjadi faktor bagi kita para penangkap bola untuk menyesuaikan diri untuk bergerak dan mampu menangkapnya dengan tepat.

Ada beberapa teknik yang perlu kita ketahui dan pelajari sebagai berikut.

1. Teknik Melempar Bola

A. Melempar Bola Menyusur Tanah

Cara melakukannya:

  • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan.
  • Posisi badan membungkuk.
  • Ayunan lengan belakang ke depan melalui bawah.
  • Bola dilempar menyusur tanah ke sasaran.

B. Melempar Bola Mendatar

Cara melakukannya:

  • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan, di antara jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola agar tidak jatuh.
  • Badan condong ke belakang, ayunan lengan dari bawah ke atas.
  • Bola dilempar mendatar setinggi dada ke arah sasaran.

C. Melempar Bola Melambung

Cara melakukannya:

  • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan, di antara jari telunjuk, jari tengah, dan manis. Sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola supaya tidak jatuh.
  • Badan condong ke belakang, ayunan lengan dari bawah ke atas.
  • Melempar dengan tangan terkuat. Jika melempar dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan, begitu sebaliknya.
  • Bola dilempar melambung diikuti gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan.

D. Melempar Bola Memantul Tanah

Cara melakukannya:

  • Posisi kaki ditekuk dan badan condong ke depan.
  • Ayunan lengan ke arah depan bawah
  • Bola dilempar memantul tanah ke sasaran.

2. Teknik Menangkap Bola

A. Menangkap Bola Mendatar

Cara melakukannya:

  • Pandangan mata tertuju pada arah datangnya bola.
  • Menangkap menggunakan kedua tangan dengan kedua telapak tangan dibuka membentuk setengah bola.
  • Saat perkenaan bola pertama dengan telapak tangan, diikuti sedikit tarikan tangan ke belakang.

B. Menangkap Bola Menyusur Tanah

Cara melakukannya:

  • Berdiri tegak dengan kaki kanan di depan.
  • Pandangan ke arah datangnya bola.
  • Tekuk kaki kiri dan lutut kaki kanan menempel di tanah.
  • Letakkan kedua telapak tangan saling berhadapan di depan kaki kanan, dan tangkaplah bola.

C. Menangkap Bola Melambung

Cara melakukannya:

  • Awali dengan posisi tubuh berdiri tegak.
  • Pandangan diarahkan ke arah datanganya bola, pastikan kaki kanan sedikit ke depan.
  • Siku ditekuk lebih dulu dan posisi tangan bisa berhadapan, baik itu di atas kepala atau di depan dada, tergantung arah datang bola nanti.
  • Jari-jari tangan diregangankan lebih dulu supaya lemas dan rileks.
  • Kemudian tangkap bola.

3. Teknik Memukul Bola

Selain teknik melempar dan menangkap bola, teknik memukul bola juga perlu untuk diketahui dan dipelajari dengan baik oleh pemain kasti.

A. Memukul Arah Mendatar

Cara melakukannya:

  • Sikap awal berdiri tegak.
  • Kaki sebelah kiri kemudian bisa diletakkan di depan sambil pemain memegang erat kayu pemukul menggunakan kedua tangan.
  • Perhatikan arah datangnya bola, lalu saat waktunya tepat pukul bola secara arah mendatar.

B. Memukul Arah Bawah

Cara melakukannya:

  • Sikap awal berdiri tegak.
  • Kemudian kaki kiri diletakkan di depan sambil memegang kayu pemukul dengan kedua tangan.
  • Perhatikan arah datangnya bola, lalu pukul bola ke arah bawah.

C. Memukul Arah Melambung

Cara melakukannya:

  • Sikap awal berdiri tegak.
  • Kemudian kaki kiri diletakkan di depan dan pegang kayu pemukul dengan erat.
  • Pandangan fokus pada arah datangnya bola, lalu pukul bola ke arah melambung.

4. Teknik Berlari

Dalam permainan kasti, teknik berlari merupakan salah satu hal yang penting.

Berlari secara lurus atau berbelok-belok, keduanya penting untuk dikuasai dalam permainan ini.

Teknik ini bermanfaat untuk tim pemukul dengan tujuan menghindari lemparan bola dari tim penjaga.

Teknik berlari juga perlu diperhatikan bagi para pemain dan melatihnya dengan serius. Agar pemain isa berlari secara cepat dan maksimal.

Namun, tetap harus hati-hati dari segala jenis cedera saat berlatih teknik ini dan pastikan kamu berlatih bersama teman atau ada pelatih yang mendampingi.

Cara Bermain Kasti

cara bermain kasti
sahabatnestle.co.id

Dalam permainan kasti, kita membutuhkan kerjasama dalam setiap tim dan mengemban rasa tanggung jawab antara individu.

Dan yang tidak kalah penting, di dalam sepanjang pertandingan juga harus selalu menjunjung tinggi sportifitas.

Sebelum melakukan permainan, tentukan terlebih dahulu dua regu atau tim yang akan bertanding dengan jumlah setiap regu 12 pemain.

Regu Pemukul

  • Setiap pemain akan diberikan hak untuk memukul satu kali, kecuali untuk pemain yang terakhir berhak melakukan pukulan hingga 3 kali pukulan.
  • Sesudah memukul, alat yang digunakan harus diletakan dalam ruang pemukul.
  • Jika alat pemukul tersebut diletakkan di luar atau lepas, maka pemain tersebut tidak akan memperoleh nilai, terkecuali bila pemain tersebut segera meletakkannya kembali ke dalam ruang pemukul.
  • Pukulan akan dinyatakan sah apabila bola yang dipukul dapat melampaui garis pukul, tidak jatuh dalam ruang bebas, dan juga tidak mengenai tangan si pemukul.

Regu Penjaga

Adapun beberapa tugas dari regu penjaga yang harus kalian ketahui, diantaranya yaitu:

  • Mematikan permainan tim lawan dengan cara melemparkan bola ke arah pemukul atau menangkap langsung bola kasti yang sudah dipukul oleh tim pemukul.
  • Membakar ruang bebas. Yaitu dengan cara menempati ruang bebas jika ruang tersebut sedang kosong.

Pelambung

Beberapa tugas pelambung yang harus kalian ketahui, diantaranya yaitu:

  • Melambungkan bola sesuai dengan permintaan si pemukul.
  • Jika bola yang sudah dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan si pemukul, maka pemukul berhak untuk tidak memukulnya.
  • Apabila hal ini terjadi hingga 3 kali secara berturut-turut, maka pemukul harus berlari bebas ke tiang pemberhentian yang pertama.

Pergantian Tempat

Pergantian tempat antar pemukul serta tim penjaga terjadi jika:

  • Salah seorang dari pemain dalam tim pemukul terkena lemparan bola.
  • Bola pukulan dari tim pemukul ditangkap langsung oleh tim lawan sebanyak 3 kali secara berturut-turut.
  • Alat pemukul lepas pada saat melakukan pukulan langsung.

Bagaimana menurutmu? bukankah permainan ini menyenangkan.

Permainan kasti cukup populer di Indonesia, namun seiring dengan perkembangan zaman. Anak-anak mulai melupakannya dan tergantikan oleh gadget atau smartphone.

Ayo kita kenalkan kembali kepada anak-anak bangsa dengan permainan-permainan tradisional seperti kasti ini.

Demikianlah pembahasan tentang permainan bola kasti ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu kegiatan belajarmu.

Sekian.

Tinggalkan komentar