Sejarah Futsal

Sejarah Futsal – Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing beranggotakan lima orang.

Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi gerakan bola menggunakan kaki.

Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal juga turut dikenali dengan berbagai nama lainnya. Istilah “futsal” merupakan istilah internasionalnya, kata tersebut berasal dari Spanyol atau Portugis, futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).

Bagaimanakah sejarah futsal hingga populer seperti sekarang? simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Permainan Futsal di Dunia

Pada tahun 1930 futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brazil.

Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini bisa dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brazil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa.

Pele, bintang terkenal Brazil contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brazil terus menjadi pusat futsal dunia.

Permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Federation Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eroopa hingga Amerika Tengah, Amerika Utara, Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama.

Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brazil.

Brazil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya pada tahun 1984.

Kejuaraan dunia futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya beragbung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brazil, tahun 1982, berakhir dengan Brazil di posisi pertama.

Brazil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam kejuaraan dunia tiga tahun 1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Sejarah Futsal di Indonesia

Pada tahun 1998 hingga 1999 futsal masuk ke Indonesia, dan pada tahun 2000-an futsal mulai dikenal oleh masyarakat kemudian futsal mulai berkembang dengan banyak sekolah futsal di Indonesia. Lalu pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan Piala Asia.

Saat ini futsal sudah berkembang pesat di Indonesia, namun sampai sekarang futsal hanya rekreasi dan belum menjadi olahraga profesional. Saat ini hanya bagaimana BFN atau Dewan Futsal Nasional dengan PSSI atau Asosiasi Sepakbola Seluruh Indonesia dapat bekerja sama untuk membawa olahraga ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat dan menjadi olahraga profesional.

Justin Laksana adalah seorang pria yang membawa futsal ke Indonesia, prestasi timnas futsal Indonesia sebenarnya cukup membanggakan dengan berada di peringkat ke-50 di dunia dan berhasil menjadi juara di federasi sepak bola ASEAN atau AFF Futsal pada 2010.

Bapak Sejarah Futsal Indonesia

Sejarah futsal di Indonesia juga dihiasi dengan nama mendiang Rolland Hermanus Pattinasarany atau Ronny Pattinasarany. Selain sebagai pejuang sepak bola, ia banyak terlibat dalam melatih pemain futsal di usia muda.

Dia menunjukkan dedikasinya pada olahraga futsal dengan mendirikan Badan Futsal Nasional (BFN). Tidak salah jika ia dijuluki sebagai bapak futsal Indonesia.

Federasi Futsal Indonesia

Federasi Futsal Indonesia (FFI) adalah badan resmi di bawah PSSI yang menangani futsal di Indonesia.

FFI adalah perubahan nama dari AFI (Asosiasi Futsal Indonesia), yang sebelumnya dibentuk karena pembubaran BFN. FFI bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi futsal besar di tingkat nasional di Indonesia.

Kompetisi ini disebut Liga Futsal Profesional Indonesia. Dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo, FFI telah mengadakan Kongres Tahunan Futsal pada 40 November 2017. Kongres ini dihadiri oleh 34 Asosiasi Futsal Provinsi dan 12 klub futsal pria profesional dan delapan klub liga wanita profesional.

Liga Futsal Profesional Indonesia

Sampai saat ini, kompetisi sudah diadakan sejak musim 2006 – 2007. Pada kompetisi musim 2017, Vamos Mataram berhasil keluar sebagai juara dengan skor 8 – 3 melawan Permata Indah Manokwari.

Kemudian Liga Futsal Profesional Indonesia berlanjur mulai 20 januari 2018 hingga 6 Mei 2018.

Tim Nasional Futsal Indonesia

Pertama kali bermain di kejuaraan AFC pada tahun 2002, Indonesia tidak lolos di babak penyisihan. Berbeda dengan kejuaraan AFF, sejak 2003, Indonesia selalu memegang tiga posisi teratas.

Akhirnya, pada 2010, Indonesia memenangkan kejuaraan. Tentu saja ini merupakan prestasi yang membanggakan dalam sejarah futsal di Indonesia.

Tim nasional futsal wanita Indonesia juga tidak kurang berhasil. Mereka berhasil memenangkan AFF Futsal Club Cup 2016 dengan skor 5 – 4 atas Thailand Khong Kaen FC.

Peringkat Indonesia

Berdasarkan pembaruan dari peringkat dunia futsal pada 14 Maret 2021, Indonesia berada di peringkat 51, diatas Meksiko yang ada di posisi 52, dan terpaut 2 peringkat dari Amerika Serikat yang berada di posisi 49.

Sedangkan perwakiran dari Asia Tenggara lainnya yang berada di peringkat 20 besar yaitu Thailand berada di posisi 18.

Selain sejarah futsal, kamu juga bisa belajar mengenai ukuran lapangan futsal bila perlu.

Demikian pembahasan tentang sejarah futsal di dunia dan di Indonesia, semoga membantu.

Sekian.

Tinggalkan komentar