Simbiosis Kompetisi

Simbiosis Kompetisi – Dalam kehidupan ini, setiap makhluk hidup tentu akan mempunyai sebuah hubungan dengan makhluk hidup yang lainnya.

Hubungan tersebut dapat terjadi dengan spesies yang berbeda maupun sama pada suatu ekosistem, hal inilah yang biasa disebut dengan simbiosis.

Simbiosis yaitu hubungan antara dua organisme atau makhluk hidup yang berbeda atau sama pada suatu ekosistem.

Setiap makhluk hidup yang mengalami simbiosis disebut dengan simbion, mereka hidup saling bergantungan satu sama lain.

Pada hubungan antara dua makhluk hidup ini ada yang saling mempengaruhi dan ada yang tidak saling mempengaruhi.

Makhluk hidup yang memiliki hubungan saling mempengaruhi biasanya akan terdapat pihak yang akan diuntungkan maupun dirugikan.

Selain itu, ada juga makhluk hidup yang tidak harmonis, mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan, daerah kekuasaan, dan hal lainnya.

Pengertian Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetisi adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersaing untuk mendapatkan sesuatu.

Kompetisi atau persaingan yang terjadi pada simbiosis ini sangat beragam, mulai dari kompetisi makanan, kompetisi wilayah kekuasaan, dan kompetisi lainnya.

Selain itu, adapun pengertian kompetisi yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang saling bersaing untuk memperebutkan sesuatu.

Jenis-jenis Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetisi dibagi menjadi dua macam, yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi intersepesifik.

1. Kompetisi Intraspesifik

Kompetisi intraspesifik adalah sebuah kompetisi yang terjadi antara dua makhluk hidup yang berjenis sama dalam ruang ekologi.

Kompetisi jenis ini terjadi dalam satu ruang lingkup yang sama. Dapat dikatakan hubungan ini merupakan hubungan kompetisi dalam ruang lingkup “keluarga”.

2. Kompetisi Interspesifik

Kompetisi Interspesifik adalah sebuah kompetisi yang terjadi antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dalam ruang ekologi.

Kompetisi jenis kompetisi ini merupakan kebalikan dari kompetisi intraspesifik yang terjadi pada spesies yang sama.

Hubungan kompetisi ini terjadi pada spesies makhluk hidup yang berbeda jenis.

Contoh Simbiosis Kompetisi

Contoh makhluk hidup yang mengalami simbiosis kompetisi :

  • Kompetisi antar Singa jantan
  • Harimau dengan Singa
  • Singa dengan Hyena
  • Kompetisi antar Ular Anaconda jantan
  • Kambing dalam Satu Populasi
  • Kambing dengan Kerbau
  • Tanaman dalam Satu Bidang
  • Kompetisi antar Ikan Hiu Jantan
  • Ikan dalam Kolam
  • Ikan Kecil dengan Udang

Berikut penjelasan mengenai contoh makhluk hidup yang mengalami simbiosis kompetisi :

1. Kompetisi antar Singa Jantan

kompetisi antar singa jantan
divaresep.com

Kompetisi yang terjadi antar singa jantan adalah persaingan dalam memperebutkan daerah kekuasaan dan juga singa betina.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika singa merupakan salah satu hewan yang sangat melindungi daerah kekuasaannya dan tidak ingin diganggu.

Tujuan dari persaingan ini adalah untuk menjadi penguasa dalam daerah kekuasaan dan menjadi singa jantan utama dalam kawasan tersebut.

Sehingga hubungan persaingan antar singa jantan ini termasuk dalam contoh simbiosis kompetisi.

2. Kompetisi antara Harimau dengan Singa

kompetisi antara harimau dengan singa
youtube.com

Sekarang kita akan membahas tentang kompetisi antara harimau dengan singa yang berada alam satu ekosistem.

Dalam ekosistem harus ada hubungan antara komponen biotik dengan abiotik supaya dapat tercipta keseimbangan ekosisitem.

Pada interaksi biologis ini, harimau dan singa saling bersaing untuk mendapatkan makanan atau mangsanya, yaitu hewan seperti rusa, zebra, kerbau, dan mangsa harimau dan singa lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, jika pada beberapa negara seperti di Afrika ada banyak harimau dan singa yang bebas berkeliaran dalam satu ekosistem.

Mereka memiliki hubungan dan saling bersaing untuk mendapatkan makanan atau mangsanya secara berkelompok.

Apabila ada seekor zebra yang masuk ke dalam daerah perburuan harimau dan singa, mereka akan beradu cepat untuk mendapatkan zebra tersebut dengan kelompok mereka.

Hal tersebut terjadi karena dalam daerah tersebut biasanya jarang dilewati oleh mangsa mereka, sehingga akan timbul persaingan antara harimau dengan singa.

Selain berkompetisi untuk memperebutkan makanan, mereka juga berkompetisi untuk memperebutkan daerah kekuasaannya.

Seperti pernyataan hukum alam ini “yang terkuat adalah Raja”, itulah yang menjadi dasar atas persaingan wilayah kekuasaan tersebut.

3. Kompetisi antara Singa dengan Hyena

kompetisi antara singa dengan hyena
huftpost.com

Kompetisi antara singa dengan hyena juga termasuk dalam salah satu contoh kompetisi yang terjadi ketika memperebutkan makanan.

Apabila kita melihat ke alam bebas, maka akan kita temukan bahwa ada banyak hewan seperti singa dan hyena yang bersaing untuk mendapatkan makanan atau mangsanya.

Singa mengandalkan giginya yang tajam sebagai kekuatannya untuk mengalahkan hyena yang memiliki jumlah kelompok lebih banyak.

Namun, kompetisi antara singa dengan hyena ini akan terlihat normal atau hal yang biasa karena merupakan bagian dari sebuah rantai makanan.

4. Kompetisi antar Ular Anaconda Jantan

kompetisi antar ular anaconda jantan
pixabay.com

Kompetisi antar ular anaconda jantan biasanya terjadi ketika musim kawin tiba, mereka akan mencari pasangannya masing-masing dan akan melakukan perkawinan.

Seekor ular anaconda betina mampu kawin dengan lebih dari satu pejantan setia saat musim kawin sudah tiba.

Namun, ular anaconda jantan akan saling bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik dalam perkawinan tersebut.

5. Kompetisi Kambing dalam Satu Populasi

simbiosis kompetisi, kompetisi antar kambing dalam satu populasi
pixabay.com

Ada banyak makhluk hidup di dunia ini yang berlomba-lomba mencari makanan, air maupun tempat tinggal untuk berlindung supaya tetap dapat bertahan hidup.

Biasanya yang paling bannyak diperebutkan dalam interaksi simbiosis kompetisi adalah mengenai makanan dan daerah kekuasaan.

Pada kompetisi ini, kambing yang memiliki spesies sama akan memperebutkan makanan berupa rumput atau dedaunan di satu tempat untuk mencukupi kebutuhan serta demi kelangsungan hidupnya.

Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya kompetisi antar kambing dalam satu wilayah.

Apalagi ketika musim panas tiba, hanya ada sedikit rumput segar yang tumbuh di lahan, sehingga kompetisi antar kambing pun menjadi semakin ketat.

Sehingga sudah tidak mengherankan jika ada kambing yang berada dalam satu wilayah, namun memiliki berat tubuh berbeda antara satu dengan lainnya.

6. Kompetisi antara Kambing dengan Kerbau

kompetisi antara kambing dengan kerbau
pixabay.com

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai kompetisi antar kambing yang berada dalam satu wilayah untuk mendapatkan makanan.

Kali ini, kita akan membahas kompetisi antara kambing dengan kerbau yang bersaing untuk mendapatkan makanan juga.

Hubungan antara kedua hewan herbivora ini dapat kita lihat pada sebuah peternakan yang memang sudah merawat dan mengembangbiakkan kambingan dengan kerbau.

Dalam kompetisi ini terdapat dua keadaan yang berbeda.

Keadaan pertama yaitu ketika kambing dan kerbau berada dalam satu kandang kecil yang tempat makanannya saling berhadapan.

Saat terjadi kondisi seperti itu, kerbau yang membutuhkan lebih banyak tenaga daripada kambing, tentunya akan memakan lebih banyak makanan juga.

Namun disisi lain, kambing juga masih membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan dan demi kelangsungan hidupnya.

Keadaan kedua terjadi ketika kambing dan kerbau berada dalam satu kawasan yang luas, seperti di ladang.

Ketika terjadi kondisi seperti itu, awalnya mereka akan bebas memakan rumput yang terdapat di daerah sekitar mereka saja.

Namun, jika rumput tersebut sudah mulai sulit tumbuh dan hanya menyisakan sedkit saja, maka mereka akan saling bersaing untuk mendapatkannya.

7. Kompetisi antar Tanaman dalam Satu Bidang

persaingan antar tanaman dalam satu bidang
pixabay.com

Salah satu contoh simbiosis kompetisi pada tumbuhan dalam satu bidang, seperti berbagai tumbuhan yang berada di dekat perkarangan rumah.

Persaingan tersebut terjadi disebabkan oleh lahan yang seharusnya ditanamai satu sampai tiga jenis tanaman justru ditanamani dua kali lipatnya, yaitu tiga sampai enam  tanaman.

Hal ini mengakibatkan kompetisi antar tanaman dalam satu bidang tersebut dalam mendapatkan air, mineral, cahaya matahari, unsur hara serta komponen lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis.

Sehingga ketika terdapat berbagai jenis tanaman dalam satu bidang, maka akan ada beberapa jenis tanaman yang tidak tumbuh dengan pesat bahkan sampai layu dan pada akhirnya akan mati.

Keadaan seperti ini sering terjadi di lingkungan sekitar kita dan beberapa orang mungkin berfikir jika hal tersebut akan menghemat lahan.

Namun, bagi tumbuhan tidak demikian, hal tersebut sangat merugikannya karena mereka harus bersaing dengan tumbuhan lainnya.

Jika terdapat salah satu pihak yang diuntungkan dan pihak lainnya dirugikan seperti itu, maka hubungan ini sering disebut sebagai simbiosis parasitisme.

Jadi, sebaiknya satu jenis tanaman ditanam dalam satu pot saja atau menanam dua hingga empat jenis tanaman pada lahan yang luas, supaya kompetisi antar tanaman tidak terlalu ketat.

Hal ini tentu akan menguntungkan tanaman dan kita sendiri karena tanaman tersebut dapat menghasilkan oksigen lebih banyak lagi.

Hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan seperti itu disebut dengan simbiosis mutualisme pada suatu ekosistem kehidupan.

8. Kompetisi antar Ikan Hiu Jantan

kompetisi antar ikan hiu jantan
news.havard.edu

Ada tingkat organisasi kehidupan di laut yang begitu luas. Pada tingkatan tersebut, ikan hiu menempati posisi tertinggi dan akan bersaing dengan sejenisnya untuk memperebutkan daerah kekuasaannya.

Selain berkompetisi untuk memperebutkan daerah kekuasaannya, mereka juga bersaing untuk mendapatkan makanan demi memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidupnya.

Jika ada seekor ikan atau mangsanya yang masuk ke wilayahnya, maka ikan hiu yang menguasai wilayah tersebut berhak mendapatkan ikan itu.

Namun, terkadang jika mereka sedang mengalami kesulitan ketika mencari makanan, maka bisa saja mereka akan bertarung untuk mendapatkan makanan.

Selain itu, ikan hiu jantan juga berkompetisi dalam memperoleh pasangannya, yaitu ikan hiu betina untuk terus bergenerasi.

Generasi baru ikan hiu sangat penting dalam siklus kehidupannya, supaya populasi mereka tidak semakin berkurang dan punah.

Meskipun demikian, dari dulu hingga saat ini masih ada banyak jenis spesies ikan hiu yang berada di perairan seluruh dunia.

9. Kompetisi antar Ikan dalam Kolam

persaingan antar ikan dalam kolam
media.rooang.com

Ada beberapa jenis ikan yang hidup di kolam, bisa satu, dua, atau tiga jenis ikan di dalamnya tergantung yang memeliharanya.

Ikan-ikan yang berada di kolam ini biasanya memiliki makanan yang sama, seperti pelet ikan dan sebagainya. Sehingga, mereka akan saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan tersebut.

Apalagi ketika pemiliknya hanya memberikan sedikit makanan pada ikan-ikan tersebut, hal ini akan membuat perasingan antar ikan di kolam menjadi semakin ketat.

Selain itu, porsi makanan setiap ikan juga berbeda. Contohnya ikan lele dengan ikan mujair berada dalam satu kolam.

Jika kita lihat dari porsi makanannya, ikan lele membutuhkan makanan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhannya.

Sementara ikan mujair juga membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya, namun porsi makannya saja yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan porsi makanan ikan lele.

10. Kompetisi antara Ikan Kecil dengan Udang

persaingan antara ikan kecil dengan udang
pixabay.com

Di lautan yang begitu luas, tentu juga terdapat hubungan atau interaksi biologis di antara organisme yang hidup disana.

Selain itu, laut juga memiliki banyak jenis ikan dan tanaman laut yang hidup disana, sehingga tercipta suatu keseimbangan pada ekosistem laut.

Salah satu contohnya adalah hubungan antara ikan kecil dengan udang ini, mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan makanannya, yaitu plankton.

Plankton adalah organisme yang sering menjadi mangsa dan makanan bagi kedua makhluk hidup ini.

Namun pada kondisi seperti itu, plankton tidak selalu berada dalam satu kawasan yang sama atau mereka hanya tersisa sedikit di kawasan tersebut.

Keadaan tersebut akan membuat kompetisi antara ikan kecil dengan udang semakin ketat, mereka akan berusaha mencari makanan tersebut dengan saling bersaing.

Kesimpulan

Simbiosis kompetisi adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersaing untuk mendapatkan sesuatu.

Kompetisi atau persaingan yang terjadi pada simbiosis ini sangat beragam, mulai dari kompetisi makanan, kompetisi wilayah kekuasaan, dan kompetisi lainnya.

Ada dua jenis simbiosis kompetisi, yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik.

Adapun hubungan antar makhluk hidup lainnya pada suatu ekosistem, yaitu simbiosis netralisme dan simbiosis predasi.

Demikianlah pembahasan mengenai simbiosis kompetisi, semoga bermanfaat dan dapat membantu kegiatan belajar kamu.

Sekian.

Tinggalkan komentar