Simbiosis Netralisme

Simbiosis Netralisme – Setiap makhluk hidup pasti mempunyai hubungan antara pihak satu dengan pihak lainnya yang hidup bersama dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Dalam hubungan tersebut kedua makhluk hidup ini ada yang saling mempengaruhi dan tidak mempengaruhi, baik tu saling menguntungkan, merugikan salah satu pihak, maupun tidak mempengaruhi pihak manapun.

Hubungan pada kehidupan makhluk hidup ini biasa disebut dengan simbiosis, yaitu hubungan antara dua organisme atau makhluk hidup yang hidup bersama pada suatu ekosistem.

Masing-masing makhluk hidup yang ikut serta dalam simbiosis ini disebut dengan simbion, mereka saling bergantungan satu sama lain untuk dapat bertahan hidup.

Pengertian Simbiosis Netralisme

Simbiosis netralisme adalah hubungan antara makhluk hidup yang berada dalam satu habitat dan tidak saling mempengaruhi satu sama lain.

Simbiosis ini disebut netralisme karena tidak ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan, biasanya terjadi ketika terdapat perbedaan makanan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Jika pada simbiosis ini kedua belah pihak tidak saling mempengaruhi dan tidak ada yang diuntungkan maupun dirugikan, berbeda dengan simbiosis mutualisme yang menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh : Interaksi antara kucing dan ayam di kebun, kedua jenis hewan ini tidak akan saling mempengaruhi karena mempunyai jenis makanan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Contoh Simbiosis Netralisme

Contoh hewan yang mengalami simbiosis netralisme :

  • Kupu-kupu dengan Kerbau
  • Kumbang dan Lebah
  • Lebah dengan Capung
  • Burung Hantu dengan Kambing
  • Kambing dengan Ayam
  • Semut dengan Rayap
  • Panda dengan Kera
  • Gajah dengan Jerapah
  • Katak dengan Ikan
  • Ikan Lele dengan Ikan Sapu

Berikut penjelasan mengenai simbiosis netralisme pada makhluk hidup di atas :

1. Hubungan antara Kupu-kupu dengan Kerbau

simbiosis netralisme, hubungan antara kupu-kupu dengan kerbau
pixabay.com

Kupu-kupu dan kerbau merupakan hewan yang sama-sama hidup di alam bebas.

Meskipun demikian, hubungan keduanya tidak saling memberikan pengaruh satu sama lain. Mereka tidak memberikan keuntungan atau kerugian sama sekali.

Apabila diumpamakan seekor kerbau hidup berkelompok dengan kerbau yang lainnya dalam suatu wilayah yang terdapat kupu-kupu.

Sehingga, kehadiran kupu-kupu tersebut tidak akan mengganggu aktivitas dari kerbau.

Hal ini disebabkan oleh kerbau yang memakan rumput di wilayah itu tidak mengganggu kupu-kupu, sementara kupu-kupu mencari makanan berupa nektar yang biasanya terjadi pada siang hari.

Namun, jika melihat kedua hewan tersebut dalam satu kawasan akan terlihat lebih harmonis dan tanpa masalah.

2. Hubungan antara Kumbang dan Lebah

simbiosis netralisme, hubungan antara kumbang dengan lebah
pixabay.com

Kumbang merupakan makhluk kecil yang sering menempel pada daun suatu tanaman.

Kumbang akan mencari makanan dengan cara menumpang di daun tumbuhan, adapun lebah yang akan mencari makanan berupa nektar dari bunga pada tumbuhan yang sama.

Meskipun kumbang dan lebah berada dalam satu tanaman, namun mereka tidak saling mengganggu satu sama lain. Kedua hewan ini sibuk memenuhi kebutuhannya sendiri-sendiri.

Sehingga hubungan antara kumbang dan lebah termasuk dalam contoh simbiosis netralisme, karena tidak saling menguntungkan maupun merugikan satu sama lain.

3. Hubungan antara Lebah dengan Capung

simbiosis netralisme, hubungan antara lebah dengan capung
pixabay.com

Lebah dan capung sama-sama makhluk hidup kecil yang sering terbang bebas dalam satu wilayah atau pada wilayah yang lebih luas.

Namun, ketika kedua makhluk ini bertemu, mereka tidak akan saling mengganggu.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan mereka yang sangat bertolak belakang.

Lebah akan mencari makanan berupa nektar tanpa berkompetisi dengan capung dan apabila lebah membuat rumah pada suatu tempat, ia juga tidak akan mengganggu capung.

Sedangkan capung juga tidak akan mengganggu ataupun terganggu dengan aktivitas lebah tersebut.

Interaksi biologis yang terjadi di antara kedua makhluk hidup ini damai dan netral, sehingga tidak heran apabila keduanya masuk dalam contoh simbiosis netralisme.

4. Hubungan antara Burung Hantu dengan Kambing

hubungan antara lebah dengan capung
pixabay.com

Burung hantu dikenal sebagai hewan nokturnal dan memiliki hubungan yang netral dengan kambing.

Meskipun kedua makhluk hidup ini berada dalam satu kawasan yang sama, mereka tidak akan mengganggu satu sama lain.

Kambing akan memakan rumput di pagi hari tanpa mengganggu burung hantu, sementara burung hantu akan mencari mangsanya pada malam hari saat kambing tidur.

Burung hantu tersebut tidak akan mengganggu kambing yang berada di sekitarnya, mereka lebih fokus untuk mencari makan daripada mengurusi kambing.

Sehingga hubungan antara burung hantu dengan kambing termasuk dalam salah satu contoh simbiosis netralisme.

5. Hubungan antara Kambing dengan Ayam

simbiosis netralisme, hubungan antara kambing dengan ayam
pxhere.com

Kambing merupakan hewan herbivora, yaitu pemakan tumbuhan yang memiliki hubungan yang baik dengan ayam.

Hal ini ditunjukkan dengan keakraban mereka ketika berada dalam satu kawasan tertentu.

Kedua makhluk hidup ini tidak akan saling bersaing dalam mencari makanan ataupun berebut wilayah, mereka justru akan berbaur satu sama lain.

Selain itu, faktor terpenting yang dimiliki kambing dan ayam adalah hidup damai dan tidak ada kompetisi ataupun predasi diantara mereka.

Sehingga hubungan antara kambing dan ayam juga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme, karena tidak ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan.

6. Hubungan antara Semut dengan Rayap

hubungan antara semut dengan rayap
pixabay.com

Semut dan rayap merupakan dua serangga kecil yang sering melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mendapatkan makanan atau tempat tinggal.

Jika kedua serangga ini disatukan dalam satu wilayah, maka keduanya tidak akan saling mempengaruhi satu sama lain, tidak ada yang dirugikan maupun diuntungkan.

Hal ini disebabkan oleh semut yang membuat atau mencari tempat tinggalnya sendiri, serta mencari makanannya secara gotong royong.

Sementara rayap juga akan melakukan hal yang serupa dengan semut, mereka akan mencari tempat tinggal serta makanan yang akan disimpan sebagai cadangan makanan ketika musim dingin tiba.

Hubungan antara semut dan rayap ini sangat netral dan damai, sehingga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme.

7. Hubungan antara Panda dengan Kera

hubungan antara panda dengan kera
pixabay.com

Panda dan kera merupakan dua makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda.

Panda memiliki kepribadian yang malas bergerak, sedangkan kera selalu aktif berpindah dari satum tempat ke tempat yang lainnya.

Hubungan antara panda dengan kera sangatlah normal, mereka tidak saling mengganggu ataupun bersaing untuk memperubatkan daerah kekuasaan atau makanan.

Sehingga hubungan antara kedua makhluk hidup ini juga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme, karena keduanya hidup damai dan tidak merugikan maupun menguntungkan satu sama lain.

8. Hubungan antara Gajah dengan Jerapah

simbiosis netralisme, hubungan antara gajah dengan jerapah
1freewallpapers,com

Gajah akan hidup secara bekelompok dan bersatu dengan hewan-hewan lainnya ketika berada di sabana yang luas atau dalam ruang lingkup yang dilindungi.

Contohnya gajah dengan jerapah, mereka berinteraksi satu sama lain dengan netral dan tanpa adanya masalah, berarti tidak ada yang menguntungkan maupun merugikan.

Meskipun keduanya termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan), namun jika disatukan dalam satu wilayah, mereka akan tetap bersahabat.

Hal ini dikarenakan mereka tidak berkompetisi dalam perebutan wilayah dan makanan, sebab makanan mereka berbeda.

Sehingga hubungan antara gajah dan jerapah juga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme, keduanya sangatlah damai dan mereka saling berbaur satu sama lain tanpa adanya kompetisi.

9. Hubungan antara Katak dengan Ikan

simbiosis netralisme, hubungan antara katak dengan ikan
pixabay.com

Katak merupakan hewan amfibi, yaitu hewan berdarah dingin yang hidup di darat dan di air. Tentu katak juga dapat mencari makanan di dalam air dan bertemu beberapa jenis ikan.

Namun, nantinya katak tidak akan memakan makanan yang dikonsumsi oleh ikan, mereka akan sibuk mencari makanannya masing-masing.

Selain itu, walaupun kedua makhluk hidup ini berada pada satu kawasan yang sama, mereka tidak akan berkompetisi untuk memperebutkan daerahnya satu sama lain, mereka justru akan berbaur satu sama lain.

10. Hubungan antara Ikan Lele dengan Ikan Sapu

simbiosis netralisme, hubungan antara ikan lele dengan ikan sapu-sapu
pixabay.com

Ada beberapa jenis ikan yang hidup dalam satu wilayah dengan makanan yang sama, kejadian seperti ini akan menimbulkan persaingan diantara mereka.

Namun, hal tersebut tidak akan berlaku pada ikan lele dengan ikan sapu. Jika kedua ikan ini berada dalam satu wilayah, mereka tidak akan bersaing untuk mencari makanan maupun tempat tinggal.

Hal ini dikarenakan jenis makanan mereka berbeda. Ikan lele memakan makanan berupa pelet, sementara ikan sapu memakan lumut yang berada pada kawasan tersebut.

Sehingga hubungan antara ikan lele dengan ikan sapu juga termasuk dalam contoh simbiosis netralisme, karena tidak ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan.

Kesimpulan

Pengertian simbiosis adalah hubungan antara dua organisme atau makhluk hidup yang hidup bersama pada suatu ekosistem.

Simbiosis netralisme adalah hubungan antara makhluk hidup yang berada dalam satu habitat dan tidak saling mempengaruhi satu sama lain.

Simbiosis ini disebut netralisme karena tidak ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan, biasanya terjadi ketika terdapat perbedaan makanan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Contoh : Interaksi antara kucing dan ayam di kebun, kedua jenis hewan ini tidak akan saling mempengaruhi karena mempunyai jenis makanan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Adapun bentuk interaksi biologis makhluk hidup lainnya, yaitu simbiosis amensalisme dan simbiosis kompetisi.

Demikianlah pembahasan mengenai simbiosis netralisme ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu kegiatan belajar kamu.

Sekian.

Tinggalkan komentar