Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai standar nasional dan internasional sudah ditentukan oleh BWF(Badminton World Federation).

Bulu tangkis termasuk olahraga permainan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bulu tangkis sering disebut juga dengan nama badminton.

Pengertian bulu tangkis adalah olahraga permainan yang membutuhkan kok atau shuttelcock untuk memainkannya. Olahraga ini bisa dimainkan secara tunggal maupun ganda.

Permainan bulu tangkis ini bisa dibilang mirip dengan tenis meja, bedanya bulu tangkis tidak memakai meja dan ukuran lapangan tenis meja lebih kecil.

Raket dan bola yang digunakan pun juga berbeda.

Kemiripan pada kedua permainan tersebut adalah pada cara bermainnya, yaitu sama-sama menggunakan raket untuk menangkis dan memukul bola supaya mendapat poin kemenangan.

Selain diperlombakan pada pertandingan skala Nasional. Bulu tangkis juga termasuk salah satu permainan yang diikutsertakan pada ajang pertandingan bertaraf Internasional, seperti Sea Games dan Olimpiade.

Dilihat dari sejarah bulu tangkis di Indonesia bahkan dunia, banyak pemain Indonesia yang sudah memenangkan pertandingan bulu tangkis skala Internasional.

Mulai dari Rudi Hartono, Lim Swie King, Alan Budi Kusuma, Taufik Hidayat, Susi Susanti hingga pemain ganda kita sekarang, Markus Gideon dan Kevin Sanjaya Soekamuljo.

Oke, langsung saja kita menuju ke pembahasan intinya.

Ukuran lapangan bulu tangkis adalah? Berapa ukuran lapangan bulu tangkis yang kamu ketahui? jika belum tahu, simak penjelasan berikut ini ya.

Bentuk Lapangan Bulu Tangkis

bentuk lapangan bulu tangkis
pixabay.com

Lapangan bulu tangkis pada umumnya berbentuk persegi panjang dan berwarna hijau dengan garis putih.

Lapangan dibagi menjadi dua bidang permainan yang memisahkan ruang pemain yang saling berhadapan.

Pada setiap garis bidang permainan terdapat beberapa garis, yaitu garis servis depan, garis servis tengah, garis servis belakang(untuk permainan ganda), dan garis servis samping(untuk permainan tunggal) sisi kanan dan kiri.

Tebal garis lapangan badminton sekitar 40mm dan disesuaikan dengan warna lapangan. Warna garis yang sering digunakan adalah warna putih.

Permukaan lapangan lebih baik menggunakan bahan sintetis yang lunak dan kayu, jangan memakai bahan sintetis yang keras dan beton supaya para pemain tidak cidera.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis
indosport.com

Kalau kamu tanya cara gambar lapangan bulu tangkis itu gimana, coba lihat aja gambar ukuran lapangan bulu tangkis simple di atas ya, hehe.

Oke, selain harus mempelajari teknik dasar bulu tangkis kamu juga harus mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis nasional.

Setiap olahraga pasti memerlukan sebuah tempat pertandingan atau arena untuk bermain. Sama seperti olahraga yang lain, bulu tangkis juga memerlukan arena untuk bermain.

Tetapi tidak semua ukuran lapangan bulu tangkis memenuhi standar yang telah ditentukan. Mereka bermain bulu tangkis di tempat yang ala kadarnya saja.

Jika kita hendak bertanding pada perlombaan resmi dan memiliki cita-cita menjadi pemain bulu tangkis profesional. Tentu kita harus mengetahui ukuran lapangan yang sesuai standar lebih dalam lagi.

Ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai stantar Internasional ditentukan oleh IBF (International Badminton Federation) dan sekarang sudah diganti dengan BWF (Badminton World Federation).

Ukuran lapangan bulu tangkis internasional yang ditetapkan BWF dan sesuai standar Internasional :

  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter.
  • Lebar lapngan bulu tangkis adalah 6,10 meter.
  • Jarak antara garis net sampai garis servis adalah 1,98 meter.
  • Jarak antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan adalah 3,05 meter.
  • Jarak antara garis servis belakang dengan garis belakang untuk permainan ganda adalah 0,76 meter.
  • Jarak antara garis samping dengan garis pinggir lapangan untuk permainan tunggal adalah 0,46 meter.
  • Tinggi tiang net adalah 1,55 meter.
  • Tinggi net adalah 1,55 meter.

Itulah penjelasan gambar lapangan bulu tangkis dengan benar beserta ukurannya serta ukuran tinggi net lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini

Ukuran lapangan bulu tangkis mini dibagi menjadi dua, yaitu untuk anak-anak usia di bawah 9 tahun dan usia 9 samapai 12 tahun. Berikut penjelasannya.

Ukuran lapangan bulu tangkis mini untuk anak-anak usia di bawah 9 tahun :

  • Panjang lapangan bulu tangkis mini : 10,05 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis mini : 4,40 meter.

Ukuran lapangan untuk anak-anak usia 9 sampai 12 tahun :

  • Panjang lapangan bulu tangkis mini : 11,88 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis mini : 5,18 meter.

Bidang Permainan Bulu Tangkis

Pada lapangan permainan bulu tangkis terdapat 4 garis yang memiliki fungsi berbeda. Ada 6 garis vertikal dan 7 garis horizontal.

Di samping lapangan sisi kanan dan kiri ada dua garis luar dan dalam. Sedangkan belakang lapangan juga ada dua garis luar dan dalam.

Peraturan bulu tangkis pada pertandingan partai ganda dan tunggal memiliki ketentuan yang berbeda. Ukuran lapangannya pun berbeda.

Tetapi ukuran lapangan untuk partai pertandingan yang sama, seperti nomor tunggal putra dan tunggal putri adalah sama.

Lapangan Bulu Tangkis untuk Pertandingan Tunggal

Lebar area permainan bulu tangkis pada lapangan untuk pertandingan tunggal memakai garis samping bagian dalam, sedangkan panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Ukuran lapangan untuk pertandingan tunggal putra dan putri standar Internasional :

  • Panjang lapangan bidang permainan adalah 13,40 meter.
  • Lebar lapangan bidang permainan adalah 5,18 meter.
  • Panjang lapangan bidang permainan penerima servis adalah 4,72 meter.
  • Lebar lapangan bidang permainan penerima servis adalah 2,59 meter.

Itulah ukuran lapangan bulu tangkis tunggal.

Lapangan Bulu Tangkis untuk Pertandingan Ganda

Lebar area permainan bulutangkis pada lapangan untuk pertandingan ganda putra, putri dan campuran memakai garis luar bagian samping, sedangkan panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Ukuran lapangan untuk pertandingan ganda putra, putri, dan campuran standar internasional :

  • Panjang lapangan bidang permainan adalah 13,40 meter.
  • Lebar lapangan bidang permainan adalah 6,10 meter.
  • Panjang lapangan bidang permainan penerima servis adalah 3,96 meter.
  • Lebar lapangan bidang permainan penerima servis adalah 3,05 meter.

Itulah ukuran lapangan bulu tangkis ganda.

Garis Lapangan Bulu Tangkis Area Servis

garis servis lapangan bulu tangkis
twipu.com

Area servis pada pertandingan tunggal bulu tangkis adalah garis belakang bagian luar dan garis samping bagian dalam. Panjang area ini 13,40 meter dan lebar 5,18 meter.

Sedangkan area servis pada pertandingan ganda bulu tangkis adalah belakang bagian dalam dan garis samping bagian luar. Panjang area tersebut 13,40 meter dan lebar 6,10 meter.

Ketentuan mengenai berbagai bentuk dan ukuran lapangan bulu tangkis sudah disepakati bersama baik secara nasional maupun internasional.

Maka dari itu, setiap kompetisi nasional atau internasional, ukuran lapangannya harus sama.

Penutup

Ada beberapa peraturan dan ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional dan internasional yang perlu kamu ketahui supaya wawasan kamu semakin bertambah.

Selesai sudah penjelasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional dan internasional yang perlu diperhatikan ini.

Semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi dalam menentukan bentuk lapangan bulu tangkis dengan tepat dan akurat.

Sekian.

Tinggalkan komentar