Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola, meskipun kedua permainan ini sama-sama menggunakan bola.

Lapangan futsal biasanya berada di dalam sebuah ruangan, permainan olahraga ini memang menyerupai sepak bola. Sehingga ada yang menyebutnya dengan nama mini soccer.

Olahraga yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama, saat ini pun sudah ada berbagai turnamen antar daerah, nasional, maupun internasional.

Berbeda dengan sepak bola yang harus dimainkan oleh 11 orang pemain, khususnya di pertandingan resmi. Futsal hanya butuh 5 pemain, dan dimainkan di tempat yang lebih kecil.

Banyak anak muda maupun orang dewasa yang menyukai permainan ini. Karena tidak semua orang memiliki lapangan futsal sendiri, sehingga ada banyak para pengusaha atau warga yang mempunyai lahan dan modal membangun lapangan futsal untuk disewakan.

Selain itu, kita terkadang juga bisa menjumpai lapangan futsal di gedung olahraga setempat atau biasa disebut dengan GOR. Tempat ini juga sudah membuat bentuk dan karakteristik lapangan yang sesuai untuk pertandingsan futsal. Sehingga para pemain dapat bermain dengan aturan dan ketentuan yang tepat.

Luas dan Ukuran Lapangan Futsal

luas lapangan futsal
gambar ukuran lapangan futsal dari dronefest.cc

Di pertandingan internasional, standarisasi ukuran lapangan sudah diatur oleh laws of the game FIFA.

Panjang dan lebar lapangan futsal dibagi menjadi dua, yaitu ukuran lapangan untuk tingkat nasional dan internasional.

Ukuran lapangan futsal nasional:

  • Panjang: 25 – 42 meter.
  • Lebar 15 – 25 meter.

Ukuran lapangan futsal internasional:

  • Panjang: 38- 42 meter.
  • Lebar 18 – 25 meter.

Sedangkan ukuran lapangan lainnya seperti lingkaran, lebar garis lapangan, dan gawang hampir sama, yaitu:

  • Jari-jari lingkaran di bagian tengah: 3 meter.
  • Tinggi gawang futsal: 2 meter.
  • Lebar gawang futsal: 3 meter.
  • Lebar garis (garis tengah, garis samping, dan garis gawang): garis batas antara garis melintang pada bagian tengah lapangan, garis gawang di titik ujung dan di sisi gawang lebarnya adalah 8 cm.

Titik Penalti Futsal

Ukuran garis gawang atau wilayah kiper dalam jangkauan busur dengan jari-jari 6 meter atas tiang gawang pada masing-masing tim, untuk ukuran titik penaltinya yaitu:

  • Titik penalti yang pertama dari posisi tengah tepat di garis gawang dalam jangkauan 6 meter.
  • Titik kedua berjarak 10 meter dari titik pertengahan garis gawang.

Area Pergantian Pemain

Untuk pergantian pemain terdapat aturan, yaitu pemain yang diganti harus keluar lapangan terlebih dahulu kemudian pemain pengganti masuk lapangan.

Jika terjadi kesalahan, maka wasit akan memberikan hukuman kepada pemain tersebut, untuk detail daerah pergantian pemain yaitu:

  • Berjarak 5 meter dari garis tengah.
  • Lebar daerah pergantian: 5 meter.
  • Lebar garis: 8 cm.
  • Panjang garis pembatas: 80 cm (40 cm masuk ke area lapangan dalam dan 40 cm di area luar).

Daerah Bebas

Daerah ini berfungsi sebagai tempat wasit ketiga untuk melihat jalannya pertandingan dan pencatatan waktu.

Di dalam tempat ini terdapat meja yang jaraknya minimal 2 meter dari garis tepi lapangan, untuk ukurannya masing-masing 5 meter dari garis tengah lapangan.

Area Tendangan Sudut

Area tendangan sudut terletak pada titik ujung lapangan sebalah kanan dan kiri dari masing-masing penjaga gawang. Di ujung lapangan biasanya diberi lingkaran dengan jari-jari 25 cm.

Jenis Lapangan Futsal

Lapangan futsal memiliki jenis lantai yang berbeda-beda, dari masing-masing jenis lapangan tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

1. Rumput Sintetis

Lantai lapangan futsal yang terbuat dari serat sintetis, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rumput alami. Itulah jenis lapangan futsal rumput sintetis.

2. Polypropyene

Lantai lapangan futsal yang bahannya terbuat dari polimer termo-plastik. Bentuk lantainya seperti keramik, namun bahannya tidak keras dan bisa dipindah.

3. Vinyl

Jenis lantai yang mempunyai tiga apisan berupa compact layer, lapisan glass fiber dan lapisan printing layer.

Untuk ketebalannya bervariasi mulai dari tebal 5, 6, dan 8 mm. Tipe lantai ini sangat bagus karena lebih aman bagi pemain, saat terjatuh tidak menyebabkan luka karena permukaannya halus dan empuk.

Futsal saat ini memang cukup digemari oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Jika kamu memiliki jiwa bisnis, tentu hal ini cukup menguntungkan bagimu apabila menyewakan lapangan atau menjual peralatan lainnya seperti seragam, sepatu, bola, dll.

Namun, jika kamu hanya menjadikan olahraga ini sebagai hobi saja pun tidak masalah, dimana kita bisa bermain dengan keluarga, teman, maupun orang lain. Main sekalian olahraga memang mantap, iya kan.

Salah satu permainan bola besar ini memang seru jika dimainkan bersama-sama, apalagi dengan minimnya lapangan sepak bola yang membutuhkan lahan yang lebih luas, mungkin futsal bisa jadi solusinya.

Itulah sedikit ulasan tentang ukuran lapangan futsal, semoga membantu.

Sekian.

Tinggalkan komentar